1. Online marketplace memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:
Jangkauan pasar yang luas
Marketplace memiliki
basis pengguna yang besar, sehingga penjual bisa menjangkau berbagai kalangan
dan memperluas basis pelanggan.
Perkembangan
bisnis mudah dipantau
Beberapa marketplace
memiliki fitur insight yang dapat menampilkan statistik pengunjung, seperti
jumlah pengunjung toko, jumlah pembeli, dan jumlah konsumen yang merespons.
Banyak
fitur penunjang bisnis
Marketplace
menyediakan berbagai fitur untuk menunjang bisnis, seperti verifikasi toko,
asuransi, integrasi pembayaran, dan promosi.
Peluang
bisnis lebih besar
Pemilik bisnis bisa
meningkatkan peluang dengan cara bergabung dalam komunitas bersama beberapa
penjual lainnya.
Proses
transaksi yang mudah dan aman
Marketplace
menyediakan berbagai macam fitur untuk memudahkan transaksi, seperti fitur
pencarian, pembayaran, dan pengiriman.
Manajemen
inventaris yang lebih baik
Marketplace bisa
membantu dalam manajemen inventaris.
Mendukung
omnichannel marketing
Marketplace bisa
mendukung omnichannel marketing.
Layanan
dukungan pelanggan yang lebih baik
Marketplace
menawarkan layanan dukungan pelanggan yang lebih baik dibandingkan platform
jual beli lainnya.
2. 1.Game online
2.Tamplate desain
3.Tutorial
4.Pulsa dan internet
5.Software
3. Tantangan yang dihadapi oleh online shop atau e-commerce di antaranya:
Persaingan ketat
Dengan mudahnya membuka bisnis online, maka semakin banyak kompetitor yang akan muncul.
Penipuan online
Maraknya penipuan online membuat konsumen menjadi lebih selektif dalam berbelanja online.
Membangun kepercayaan konsumen
Bisnis online perlu melakukan upaya untuk membangun reputasi dan kepercayaan konsumen.
Risiko keamanan informasi dan privasi pelanggan
Bisnis online perlu menghadapi risiko keamanan informasi dan privasi pelanggan.
Kendala teknis
Bisnis online dapat mengalami kendala teknis seperti akun media sosial terkena suspend, website error, atau kecepatan website lambat.
Masalah finansial
Bisnis online dapat mengalami masalah finansial akibat ketidakdisiplinan dalam melakukan pencatatan.
Keterlibatan pelanggan yang kurang
Bisnis online perlu menemukan cara terbaik untuk melibatkan pelanggan tanpa membuat mereka kewalahan.
Target market yang tidak tepat
Dunia online yang luas dapat menjadi tantangan jika tidak memiliki target market yang tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar