UTS_Mayla Ardelia Ananta_2311050060_3SI1

UTS_Mayla Ardelia Ananta_2311050060_3SI1

Jawaban 

1. Online marketplace memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

Jangkauan pasar yang luas

  • Marketplace memiliki basis pengguna yang besar, sehingga penjual bisa menjangkau berbagai kalangan dan memperluas basis pelanggan. 

    Perkembangan bisnis mudah dipantau

    Beberapa marketplace memiliki fitur insight yang dapat menampilkan statistik pengunjung, seperti jumlah pengunjung toko, jumlah pembeli, dan jumlah konsumen yang merespons. 

    Banyak fitur penunjang bisnis

    Marketplace menyediakan berbagai fitur untuk menunjang bisnis, seperti verifikasi toko, asuransi, integrasi pembayaran, dan promosi. 

    Peluang bisnis lebih besar

    Pemilik bisnis bisa meningkatkan peluang dengan cara bergabung dalam komunitas bersama beberapa penjual lainnya. 

    Proses transaksi yang mudah dan aman

    Marketplace menyediakan berbagai macam fitur untuk memudahkan transaksi, seperti fitur pencarian, pembayaran, dan pengiriman. 

    Manajemen inventaris yang lebih baik

    Marketplace bisa membantu dalam manajemen inventaris. 

    Mendukung omnichannel marketing

    Marketplace bisa mendukung omnichannel marketing. 

    Layanan dukungan pelanggan yang lebih baik

    Marketplace menawarkan layanan dukungan pelanggan yang lebih baik dibandingkan platform jual beli lainnya. 

2. 1.Game online
    2.Tamplate desain
    3.Tutorial
    4.Pulsa dan internet
    5.Software

3. Tantangan yang dihadapi oleh online shop atau e-commerce di antaranya:
  • Persaingan ketat
    Dengan mudahnya membuka bisnis online, maka semakin banyak kompetitor yang akan muncul. 
  • Penipuan online
    Maraknya penipuan online membuat konsumen menjadi lebih selektif dalam berbelanja online. 
  • Membangun kepercayaan konsumen
    Bisnis online perlu melakukan upaya untuk membangun reputasi dan kepercayaan konsumen. 
  • Risiko keamanan informasi dan privasi pelanggan
    Bisnis online perlu menghadapi risiko keamanan informasi dan privasi pelanggan. 
  • Kendala teknis
    Bisnis online dapat mengalami kendala teknis seperti akun media sosial terkena suspend, website error, atau kecepatan website lambat. 
  • Masalah finansial
    Bisnis online dapat mengalami masalah finansial akibat ketidakdisiplinan dalam melakukan pencatatan. 
  • Keterlibatan pelanggan yang kurang
    Bisnis online perlu menemukan cara terbaik untuk melibatkan pelanggan tanpa membuat mereka kewalahan. 
  • Target market yang tidak tepat
    Dunia online yang luas dapat menjadi tantangan jika tidak memiliki target market yang tepat. 
4. Prodi yang ada pada Fakultas Ilkom DMJ 
    1. Teknik Informatika


    2. Sistem Informasi


    3. Sistem Komputer
    4. Sains Data


    5. Pendidikan Teknologi Informasi
    
    6. Magister Teknik Informatika
        



Tidak ada komentar:

Posting Komentar